ASOSIASI BADAN USAHA PELABUHAN INDONESIA

News

home / News

Menyongsong Tahun 2019, ASBUPI Selenggarakan Rapat Anggota di Surakarta

Asosiasi Badan Usaha Pelabuhan Indonesia (ASBUPI) kembali menyelenggarakan Rapat Anggota. Kota Surakarta terpilih menjadi lokasi diadakannya rapat pada Kamis, 7 Februari 2019 ini. Rapat yang diselenggarakan di Hotel Paragon Solo ini dihadiri oleh Dewan Pengawas dan Pengurus serta beberapa perwakilan dari masing-masing Anggota Pendiri maupun Anggota Biasa.

Dede R. Martin selaku Ketua Umum ASBUPI membuka rapat ini dengan menyampaikan beberapa poin-poin penting dan lesson learned terkait dengan aktivitas ASBUPI selama tahun 2018 dan harapan di tahun ini. Jalannya Rapat Anggota ASBUPI ini dipandu oleh Sekretaris Jenderal ASBUPI, Chiefy Adi K, yang membahas mengenai beberapa topik seperti Keanggotaan, Laporan Keuangan 2018, Laporan Realisasi 2018, Optimalisasi Kinerja Organisasi, dan Usulan Rencana Kerja 2019. Selain itu, dalam rapat ini juga membahas dan mereviu mengenai peraturan perundang-undangan yang terkait dengan aktivitas Badan Usaha Pelabuhan (BUP), seperti PM 152 Tahun 2016 tanggal 19 Desember 2016 tentang Penyelenggaraan dan Pengusahaan Bongkar Muat Barang dari dan ke Kapal, KM 35 Tahun 2007 tanggal 31 Juli 2007 tentang Pedoman Perhitungan Tarif Pelayanan Jasa Bongkar Muat Dari Dan Ke Kapal Di Pelabuhan, dan PM 121 Tahun 2018 tanggal 20 Desember 2018 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 72 Tahun 2017 Tentang Jenis, Struktur, Golongan dan Mekanisme Penetapan Tarif Jasa Kepelabuhanan.

Dalam rapat ini, juga dilakukan penandatanganan MoU antara Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi dan Manajemen Kepelabuhan (STIAMAK) Barunawati Surabaya dan Asosiasi Badan Usaha Pelabuhan Indonesia (ASBUPI). Kerjasama ini merupakan sinergi antara institusi pendidikan dengan asosiasi dunia industri. Dengan ditandatanganinya kerjasama ini, diharapakan STIAMAK Barunawati dan ASBUPI dapat bersinergi dalam bidang pelatihan pendidikan dan pengembangan SDM, khususnya dalam bidang kepelabuhanan dan logistik.

Rapat ditutup pada pukul 23.00 WIB yang ditandai dengan penandatanganan notulen rapat dan foto bersama. Rapat ini menghasilkan beberapa poin penting untuk dicapai ASBUPI pada tahun 2019, seperti mengoptimalkan kinerja organisasi dan meningkatkan kontribusi dan peran serta ASBUPI di level nasional dalam industri kepelabuhanan dan logistik yang mengedepankan kepentingan anggota secara khusus dan bangsa secara umum.