ASOSIASI BADAN USAHA PELABUHAN INDONESIA

News

home / News

ASBUPI Siap Jadi Akselerator Penyempurnaan Sislognas

Di usianya yang menjelang ke-6 tahun, Asosiasi Badan Usaha Pelabuhan Indonesia (ASBUPI) berkomitmen dan bertekad untuk berperan aktif dalam membantu pemerintah dalam mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia melalui penyempurnaan sistem logistik nasional (Sislognas) untuk mendorong pertumbuhan ekspor, mengefisiensikan biaya logistik guna mendorong peningkatan pertumbuhan ekonomi nasional.

Hal itu diungkapkan Sekjen ASBUPI Chiefy Adi K, kepada Ocean Week, Jumat (8/2).

Chiefi menyatakan, bahwa sejak didirikan pada tanggal 30 Oktober 2013 laku, ASBUPI memiliki anggota BUP bukan hanya BUMN, namun juga BUMS.

Namun, organisasi  ini juga membuka peluang keanggotaan untuk BUP BUMD. “Kami juga memberikan masukan-masukan terhadap kebijakan dan peraturan pemerintah, serta undang-undang yang tidak hanya berkaitan terhadap BUP namun juga terhadap sistem logistik nasional secara keseluruhan,” katanya.

Hal ini merupakan wujud bahwa ASBUPI merupakan mitra pemerintah dalam mempercepat pertumbuhan ekonomi nasional melalui perbaikan manajemen dan operasi para anggotanya yang dampaknya akan mempercepat implementasi program pemerintah.

Untuk mewujudkan hal tersebut, ujar Chiefy, ASBUPI juga melakukan penataan internal di lingkup anggotanya yang dimulai dari penetapan alur proses bisnis, pekerjaan pokok dan penunjang di lingkungan BUP Indonesia.

Selanjutnya turut mengembangkan kemampuan para anggotanya dalam menyediakan pelayanan jasa kepelabuhanan sebagai sebuah rantai ekosistem logistik nasional. Mendorong untuk implementasi Digital Port System.

“Yang tidak kalah pentingnya adalah turut menciptakan iklim yang kondusif bagi perkembangan kegiatan usaha pelayaran, kepelabuhanan, kemaritiman dan logistik nasional,” ungkapnya.

Untuk mendorong keterlibatan tersebut ASBUPI juga tergabung dalam Forum Sinergi Logistik Indonesia (FSLI) bersama dengan asosiasi lainnya yaitu ALFI/ILFA, INSA, APBMI, ABUPI, ORGANDA, ISAA, APTRINDO, ASDEKI.

Di kancah regional, ASBUPI juga diundang sebagai salah satu speaker dalam acara 10th Philippine PORTS & SHIPPING 2019 yang akan diselenggarakan oleh Philippine Ports Authority pada tanggal 19-21 Februari 2019.

Selain itu komitmen untuk mengembangkan kompetensi insan maritim, kepelabuhanan dan logistik, pada tanggal 7 Februari telah ditandatangani MOU untuk pelaksanaan sertifikasi keahlian/profesi maritim, kepelabuhanan dan logistik dengan STIAMAK Barunawati Surabaya. Penandatanganan dilaksanakan oleh ketua STIAMAK Barunawati Nugroho DP dengan ketua ASBUPI, Dede R. Martin.