ASOSIASI BADAN USAHA PELABUHAN INDONESIA

News

home / News

ASOSIASI BADAN USAHA PELABUHAN INDONESIA (ASBUPI) DAN REPUBLIKA SALURKAN 10 RIBU MASKER UNTUK WARGA YANG MEMBUTUHKAN

Asosiasi Badan Usaha Pelabuhan Indonesia (ASBUPI) adalah asosiasi dimaksudkan untuk menghimpun pelaku badan usaha pelabuhan yang diusahakan secara komersial dalam satu wadah organisasi nirlaba. ASBUPI beranggotakan Badan Usaha Pelabuhan (BUP) di Indonesia, dimana keanggotaannya terbuka untuk Badan Usaha Pelabuhan baik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) maupun swasta.

Sebagai asosiasi yang beranggotakan badan usaha sangat memperhatikan aspek tanggung jawab sosial dan dukungan terhadap program pemerintah untuk kepentingan umum, maka ASBUPI juga tergerak untuk turut andil melalui program kolektif dalam memberikan manfaat bagi masyarakat luas.

“Dengan tagline “Care, Love, Charity”, ASBUPI membuat “10.000 Masks Program” sebagai wujud komitmen tanggung jawab terhadap kepentingan dan kebutuhan masyarakat. Program ini bertujuan untuk melakukan pencegahan penyebaran wabah Covid-19 di lingkungan masyarakat dengan membagikan masker gratis kepada masyarakat umum,” kata Chiefy Adi K, Sekretaris Jenderal ASBUPI.

Sebagai bagian dari implementasi program tersebut, pada hari Jumat, 24 April 2020, ASBUPI bekerjasama dengan Republika dalam pendistribusian 10.000 masker ini. “Target pendistribusiannya adalah loper koran, pedagang kaki lima, wartawan, dan warga lain yang membutuhkan dimana mereka merupakan kelompok yang cukup rentan terpapar virus ini karena karakteristik pekerjaan yang mengharuskan untuk sering berada di luar rumah,” kata M. Hamied Wijaya selaku Anggota Badan Pengawas ASBUPI.

“Salah satu alasan mengapa perlu dilakukan pembagian masker kain gratis ini adalah kebutuhan terhadap masker sangat penting bagi seluruh masyarakat saat ini. Namun beberapa warga masih mengalami kesulitan untuk mendapatkan atau membeli masker akibat dari melonjaknya harga masker dan kelangkaan yang terjadi di pasar. Selain itu, pembagian masker gratis ini juga merupakan bentuk dukungan ASBUPI kepada Pemerintah yang menghimbau kepada masyarakat untuk menggunakan selalu masker pada saat beraktivitas khususnya di luar rumah,” kata Ketua Badan Pengawas Toto Heli Yanto.

Masker yang dibagikan oleh ASBUPI ini merupakan hasil produksi dari UMKM, sehingga pembelian masker ini juga memiliki manfaat finansial kepada masyarakat yang tidak hanya terdampak dari segi kesehatan tetapi juga ekonomi.

“ASBUPI terus berkomitmen untuk berkontribusi bagi masyarakat dan pemerintah, tidak hanya melalui kebijakan sektor kepelabuhanan dan logistik untuk kepentingan bangsa, namun secara langsung memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan. Atas terlaksananya “10.000 Masks Program” ini, ASBUPI mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh stakeholder atas kerjasamanya, salah satunya adalah Republika, sehingga program ini dapat berlangsung dengan lancar, efektif, dan tercapai tujuannya,” kata Dede R. Martin selaku Ketua Pengurus ASBUPI.